Selasa, 09 Juli 2013

RPP Sifat-Sifat Koloid dengan Model PBL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2

Satuan Pendidikan   : SMA/MA
Mata Pelajaran            : Kimia
Kelas/Semester            : XI /2
Materi Pokok             : Sifat-Sifat Koloid
Alokasi Waktu            : (2 x 45 menit)

A.  Standar Kompetensi
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
B.  Kompetensi Dasar
5.2 Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
C.  Indikator
·     Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)
D.  Karakter siswa yang diharapkan :
Nilai
Indikator
·       Religius


·       Jujur

·       Toleransi

·       Disiplin

·       Rasa ingin tahu

·       Komunikatif

·       Demokratif
·     sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
·     Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
·     Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
·     Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan
·     Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
·     Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
·     Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain

E.  Tujuan Pembelajaran
·     Siswa dapat menjelaskan sifat-sifat koloid.
F.   Materi Pokok Pembelajaran
·     Sifat-Sifat Koloid
G. Sumber / Alat :
1.    Sumber :
·      Kimia untuk SMA kelas XI karangan Michael Purba penerbit Erlangga tahun 2007
·      Buku Kimia untuk SMA kelas XI karangan Unggul Sudarmo penerbit Erlangga 2004
2. Alat Bantu          : Beberapa alat praktikum, LKS
H. Model. Metode. Pendekatan:
1. Model : PBL (Problem Based Learning)
2. Metode   : Ceramah, Diskusi Kelompok, tanya jawab, praktikum
3.  Pendekatan : Kontruktivistik
I.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Tahapan Kegiatan
Langkah – Langkah
Waktu
Metode
Kegiatan awal
Fase 1: Menjelaskan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Apersepsi
§ Guru menjelaskan dan menanyakan secara singkat sifat-sifat koloid pada siswa
§ Siswa menyadari pentingnya mengetahui penerapan sifat koloid dalam kehidupan sehari–hari.
5 menit
Ceramah
Kegiatan inti
Fase 2: Mengorganisasi siswa untuk belajar
Eksplorasi
§ Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
Fase 3: Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
Eksplorasi
§ Guru membimbing siswa melakukan praktikum tentang sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari–hari
§ Guru memberikan tugas LKS tentang sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari. Dipastikan siswa mengerjakannya secara berkelompok
Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Elaborasi
§ Siswa menjawab pertanyaan LKS
§ Guru menyuruh tiap perwakilan kelompok untuk melaporkan hasil praktikum dan mempresentasikannya
Konfirmasi
§ Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang hasil praktikum
§ Guru mempersilahkan siswa bertanya
§ Siswa membuat kesimpulan tentang sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari–hari
Fase 5: Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
§  Guru melakukan tes evaluasi tentang sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari–hari
5 menit


35 menit





30 menit









10 menit
Diskusi


Diskusi, Praktikum





Diskusi, Tanya jawab










Pemberian soal
Kegiatan akhir
§  Guru menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya
5 menit
Ceramah

H.  Penilaian
a.    Aspek yang dinilai:
·    Kognitif
·    Afektif/sikap
b.    Tekhnik penilaian
Tes tulis
c.    Instrument penilaian:
Soal ulangan harian: Soal pilihan ganda



     Mengetahui,                                                                                                              Mataram, 4 Juli 2013

     Kepala Sekolah,                                                                                             Guru Mata Pelajaran Kimia,   
    


Suryati ,M.Pd                                                                                                            Mirfan                                                     


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Makasih Udah Kunjungi Blog Saya :)
"Smoga Postting ini Bermanfaat"