Selasa, 09 Juli 2013

Analisis Karakteristik Materi Sistem Koloid

ANALISIS KARAKTERISTIK MATERI
MATERI
KONSEP/SUBKONSEP
KARAKTERISTIK
INDIKATOR
TUJUAN
MOTODE/STRATEGI
MEDIA
Sistem Koloid
Komponen Penyusun Koloid
, Makro
(konkret,kontekstual)
Mengklasifikasikan  suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)
·       Siswa mampu membedakan antara larutan sejati, koloid, dan suspensi.
·       Menentukan komponen penyusun sistem koloid.

·   Model Inquiri terbimbing, CTL
·   Metode Demontrasi dan Diskusi,
·   PPT, Media Flash

Jenis-Jenis Koloid
·       Aerosol
·       Sol
·       Emulsi
·       Buih
·       Gel
 Makro,
( Konkret,konseptual)

Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi
·       Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis sistem koloid.
·       Menjelaskan masing-masing jenis sistem koloid.
·    GI ( Group Investigation ), Model Kontekstual, CTL
·    Metode diskusi,
·    Media Flash, PPT

Koloid dalam kehidupan sehari-hari
·       Industry kosmetik
·       Tekstil
·       Industry farmasi
·       Industry sabun dan deterjen
·       Industry makanan
Makro

Mendeskripsikan peranan koloid di industri kosmetik, makanan, dan farmasi.
·Secara mandiri siswa mampu menjelaskan penerapan sistem koloid dalam kehidupan sehari-hari.
·   Model Direct instruction (DI), Model Kontekstual, CTL
·   Metode diskusi
·   PPT

Sifat-Sifat Koloid
·      Efek Tyndall
·      Gerak Brown
·      Dialisis
·      Elektroforesis
·      Emulsi
·      koagulasi
Mikro
(konseptual)
Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)
·     Siswa mampu menyebutkan sifat-sifat sistem koloid.
·   Model Inquiri terbimbing, CTL
·   Metode Demontrasi dan Diskusi,
·   PPT

Koloid Liofob dan Liofil
Mikro
(Konseptual),

Menjelaskan koloid liofob dan liofil
·   Siswa mampu menjelaskan koloid liofob dan liofil
Direct instruction (DI),
·   PPT

Pembuatan Koloid
Makro
(Konseptual),
Menjelaskan proses pembuatan koloid melalui percobaan.
·   Dapat mengetahui proses pembuatan koloid
·   Model Inquiri terbimbing, PBL
·   Metode Demontrasi dan Diskusi,
·   PPT

Keterangan Definisi :
Ø  Simbolik merupakan karakteristik materi yang berisi symbol-simbol, rumus atau perhitungan.
Ø  Mikro merupakan karakteristik materi yang  bersifat konseptual, tidak nyata atau tidak bisa dilihat secara langsung.
Ø  Makro merupakan karakteristik materi yang bersifat konseptual, nyata yang banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa dilihat secara langsung.
Ø  Model pembelajaran langsung merupakan sebuah model pembelajaran yang bersifat teacher centered (berpusat pada guru).
Ø  Group Investigationn merupakan  salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif  yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia, misalnya dari buku pelajaran atau siswa dapat mencari melalui internet.

Ø   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih Udah Kunjungi Blog Saya :)
"Smoga Postting ini Bermanfaat"