ANALISIS KARAKTERISTIK MATERI
MATERI
|
KONSEP/SUBKONSEP
|
KARAKTERISTIK
|
INDIKATOR
|
TUJUAN
|
MOTODE/STRATEGI
|
MEDIA
|
Sistem Koloid
|
Komponen Penyusun Koloid
|
, Makro
(konkret,kontekstual)
|
Mengklasifikasikan suspensi kasar,
larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall,
homogen/heterogen, dan penyaringan)
|
·
Siswa mampu membedakan
antara larutan sejati, koloid, dan suspensi.
·
Menentukan komponen penyusun sistem koloid.
|
·
Model Inquiri terbimbing, CTL
·
Metode Demontrasi dan Diskusi,
|
·
PPT, Media Flash
|
|
Jenis-Jenis
Koloid
·
Aerosol
·
Sol
·
Emulsi
·
Buih
·
Gel
|
Makro,
( Konkret,konseptual)
|
Mengelompokkan
jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi
|
· Siswa mampu
menyebutkan jenis-jenis sistem koloid.
· Menjelaskan
masing-masing jenis sistem koloid.
|
· GI ( Group
Investigation ), Model Kontekstual, CTL
· Metode
diskusi,
|
· Media Flash,
PPT
|
|
Koloid dalam kehidupan sehari-hari
·
Industry kosmetik
·
Tekstil
·
Industry farmasi
·
Industry sabun dan deterjen
·
Industry makanan
|
Makro
|
Mendeskripsikan peranan koloid di industri kosmetik, makanan,
dan farmasi.
|
·Secara mandiri siswa mampu menjelaskan
penerapan sistem koloid dalam kehidupan sehari-hari.
|
· Model Direct
instruction (DI), Model Kontekstual, CTL
· Metode diskusi
|
· PPT
|
|
Sifat-Sifat Koloid
· Efek Tyndall
· Gerak Brown
· Dialisis
· Elektroforesis
· Emulsi
· koagulasi
|
Mikro
(konseptual)
|
Mendeskripsikan
sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis,
emulsi, koagulasi)
|
·
Siswa mampu menyebutkan sifat-sifat sistem koloid.
|
· Model Inquiri
terbimbing, CTL
· Metode
Demontrasi dan Diskusi,
|
· PPT
|
|
Koloid Liofob dan Liofil
|
Mikro
(Konseptual),
|
Menjelaskan
koloid liofob dan liofil
|
· Siswa mampu
menjelaskan koloid liofob dan liofil
|
Direct
instruction (DI),
|
· PPT
|
|
Pembuatan Koloid
|
Makro
(Konseptual),
|
Menjelaskan
proses pembuatan koloid melalui percobaan.
|
· Dapat
mengetahui proses pembuatan koloid
|
· Model Inquiri
terbimbing, PBL
· Metode
Demontrasi dan Diskusi,
|
· PPT
|
Keterangan
Definisi :
Ø Simbolik
merupakan karakteristik materi yang berisi symbol-simbol, rumus atau
perhitungan.
Ø Mikro
merupakan karakteristik materi yang
bersifat konseptual, tidak nyata atau tidak bisa dilihat secara
langsung.
Ø Makro
merupakan karakteristik materi yang bersifat konseptual, nyata yang banyak
ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa dilihat secara langsung.
Ø Model
pembelajaran langsung merupakan sebuah model pembelajaran yang bersifat teacher centered (berpusat pada guru).
Ø Group Investigationn merupakan salah satu bentuk
model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas
siswa untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari
melalui bahan-bahan yang tersedia, misalnya dari buku pelajaran atau siswa
dapat mencari melalui internet.
Ø
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Makasih Udah Kunjungi Blog Saya :)
"Smoga Postting ini Bermanfaat"