RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 1
Satuan
Pendidikan : SMA/MA
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI /2
Materi
Pokok :
Pengelompokan Campuran
Alokasi
Waktu : (2 x 45 menit)
A. Standar
Kompetensi
5. Menjelaskan
sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
B. Kompetensi
Dasar
5.2 Mengelompokkan
sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
C. Indikator
·
Mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan sejati dan koloid
berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan
penyaringan)
D. Karakter siswa yang diharapkan
Nilai
|
Indikator
|
·
Religius
·
Jujur
·
Toleransi
·
Disiplin
·
Rasa ingin tahu
·
Komunikatif
·
Demokratif
|
· sikap dan perilaku
yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap
pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
· Perilaku yang
didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat
dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
· Sikap dan tindakan
yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan
orang lain yang berbeda dari dirinya.
· Tindakan yang
menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan
· Sikap dan tindakan
yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu
yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
· Tindakan yang
memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang
lain.
· Cara berfikir,
bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang
lain
|
E. Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat membedakan antara suspensi kasar, larutan sejati dan koloid
F.
Materi Pokok Pembelajaran
· Pengelompokan Campuran
G. Sumber / Alat :
1.
Sumber :
· Kimia untuk SMA
kelas XI karangan Michael Purba penerbit Erlangga tahun 2007
· Buku Kimia
untuk SMA kelas XI karangan Unggul Sudarmo penerbit Erlangga 2004
2. Alat Bantu :
Beberapa alat praktikum, LKS
H. Model. Metode. Pendekatan:
1. Model : PBL (Problem Based
Learning)
2. Metode : Ceramah, Diskusi Kelompok, tanya jawab,
praktikum
3. Pendekatan : Kontruktivistik
I.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Tahapan
Kegiatan
|
Langkah
– Langkah
|
Waktu
|
Metode
|
Kegiatan
awal
|
Fase 1:
Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Apersepsi
§ Guru
menjelaskan secara singkat suspensi kasar,
larutan sejati dan koloid pada siswa
|
5
menit
|
Ceramah
|
Kegiatan
inti
|
Fase 2: Mengorganisasi siswa untuk belajar
Eksplorasi
§ Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
Fase 3:
Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
Eksplorasi
§ Guru membimbing siswa melakukan praktikum untuk membedakan
antara suspensi kasar, larutan sejati dan koloid
§ Guru memberikan tugas LKS. Dipastikan siswa mengerjakannya
secara berkelompok
Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Elaborasi
§ Siswa menjawab pertanyaan LKS
§ Guru menyuruh tiap perwakilan kelompok untuk melaporkan
hasil praktikum dan mempresentasikannya
Konfirmasi
§ Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang hasil
praktikum
§ Guru mempersilahkan siswa bertanya
§ Siswa membuat kesimpulan tentang cara membedakan suspensi kasar, larutan sejati dan koloid
Fase 5: Menganalisis dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah
§ Guru melakukan tes evaluasi tentang cara membedakan suspensi kasar, larutan sejati dan koloid
|
5
menit
35
menit
30
menit
10
menit
|
Diskusi
Diskusi,
Praktikum
Diskusi,
Tanya jawab
Pemberian
soal
|
Kegiatan
akhir
|
§ Guru menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya
|
5
menit
|
Ceramah
|
J.
Penilaian
a. Aspek
yang dinilai:
· Kognitif
· Afektif/sikap
b. Tekhnik
penilaian
Tes tulis
c. Instrument
penilaian:
Soal ulangan harian: Soal pilihan
ganda
Mengetahui,
Mataram, 4 Juli 2013
Kepala
Sekolah, Guru Mata Pelajaran Kimia,
Suryati,M.Pd Mirfan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Makasih Udah Kunjungi Blog Saya :)
"Smoga Postting ini Bermanfaat"