Senin, 28 Mei 2012

Hewan Teraneh Di Dunia



Dunia ini di penuhi dengan makhluk hidup yang aneh. Dari vertebrata hingga invertebrate, banyak makhluk hidup yang berbeda dari lainnya. Adapun hewan-hewan teraneh tersebut antara lain:

1.      Kumbang Penggerek Jerapa
Seperti yang di lihat, kumbang penggerek ini memiliki leher yang panjang dan ramping (hanya jantan yang punya). Leher yang panjang ini membantu si kumbang penggerek untuk membangun sarangnya. Mer5eka juga berwarna-warni, sebagian besar tubuhnya berwarna hitah dan merah.
2.      Kodok Kepala Tiga
Di temukan di inggris oleh seorang anak, konon, pada meyakini kalau kodok ini adalah akibat pencemaran lingkungan yang menyebabkan mutasi.
3.      Sunfinsh
 
Ikan laut terbesar jenis sunfinsh paling aneh. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang hampir bulat, dan badan yang datar. Beratnya sampai 2 ton dan panjangnya 3 meter. Dan ikan ini memiliki kepala hampir 3x dari panjang keseluruhan badannya.
4.      Ikan Barreleye
Keberadaanya sebenarnya sudah teridentifikasi sejak tahun 1939. Namun itu hanya dari specimens yang telah mati. Ikan yang terlihat dalam foto tersebut berukuran panjang sekitar 15 sentimeter. Para peneliti dari Monterey Bay Aquarium Resaanch Institute (MBARI) memotrenya diperairan dalam dekat pantai tengah California. Ini adalah satu-satunya spesies ikan yang punya keunikan tersebut. Walaupun memiliki dua tonjolan di kepalanya itu BUKAN mata. Matanya adalah dua bola hijau transparan di dalam kepalanya. Mata ini dapat digunakan untuk mencari makanan diatas atau melihat kedepan ketika memburu mangsanya.
5.      Laba-Laba Laut
Hewan yang bentuknya seperti laba-laba ini tinggal di kedalaman yang berbeda-beda di laut. Karakteristik yang paling menonjol selain tempat tinggalnya adalah kakinya yang besar  (kalau di bandingkan dengan badannya). Mereka tidak memiliki sistem respirasi tapi menggunakan difusi untuk bertahan hidup.
6.      Kalajengking Cambuk
 
Arakhnida menakutkan ini memiliki pedipalus (penjepit) besar dan “cambuk” di tepi perut mereka. yang lebih menakutkan adalah hewan ini dapat menyemprotkan berbagai cairan kimia di perut mereka, termasuk asam semut (asam formiat) (CH2O2). krorin dan campuran asam asetat (C2H4O2) dan asam oktanoic (C8H16O2), tergantung dari spesies mereka. Semprotan terakhir mereke baunya seperti cuka. Karena itulahmereka juga di sebut “vinegarroons”. Hewan serupa yang termaksut kalajengking cambuk (juga di kenal dengan sebutan kalajengking cambuk tanpa ekor) dan kalajengking mikro.
7.      Katak Berambut
 
Katak afrika ini mendapatkan namanya dari struktur kulit samping yang mirip rambut pada jantan. Rambut ini digunakan untuk meningkatkan laju si katak menyerap oksigen karena jantan menghabiskan waktu yang lama untuk menjaga telurnya. Fakta mengesankan lain dari katak ini adalah mereka memiliki cakar yang bisa ditarik keluar yang terbuat dari tulang (sebagai lawan keratin). Namun, untuk mengeluarkan cakar ini katak harus mematahkan tulang bintil terlebih dahulu.
8.      Ayam Tanpa Kepala
 
Ayam ini mampu bertahan hidup selama 18 bulan ke depan tanpa kepala. Ayam ini         mampu bertahan hidup karena sebagian besar dari inti otak dan telinganya masih ada di dalam tubuhnya. Ayam ini bernama mike, dan masuk ke dalam guinness world of records.
9.      Umang-Umang Kelapa
 
Artropoda terbesar yang hidup di daratan (berat mencapai 4,I kilogram), umang-umang ini dikenal suka memanjat pohon kelapa dan memakan buahnya. Tidak seperti umang-umang lainnya. Hanya anak-anak yang memakan tempurung kulit yang lebih tua biasanya memakai tempurung kelapa. Warna mereka bewarna-warni, seperti oranye dan biru. Mereka dirumorkan suka mencuri benda berkilau.
10.  Ngengat Fampir
Tidak semua kupu-kupu dan ngengat minum nectar, ngengat fampir kenyataannya minum darah. Hal ini dilakukan dengan manggunakan belalainya yang menembus kulit dan meminum darah targetnya. Dan mereka kadang-kadang menggigit manusia. Ungtungnya mereka tidak menyebabkan penyakit. Hanya jantan yang menggigit.
11.  Beruang Air
 
Hewan kecil yang seperti ulat ini adalah salah satu makhluk hidup terhebat yang pernah ada. Mereka dapat hidup hampir dimana saja, mulai dari sumber air panas hingga daerah kutub. Hebatnya lagi mereka dapat masuk ke cryonic state (keadaan temperature sangat rendah) yang membuat mereka hampir sepenuhnya kebal dari kerusakan lingkungan. Mereka dapat bertahan hidup di suhu lebih dari 150 derajat celcius dan bahkan mendekati suhu nol mutlak. Mereka dapat menahan tekanan besar, radiasi dan bahkan ruang hampa udara. Paling banyak ditemukan di lumut dan tempat-tempat basah lainnya.
12.  Anak Kucing Mata Satu
 
Gambar ini sempat di kira hasil manipulasi foto, tapi ternyata tidak. Kucing ini hanya mampu bertahan hidup selama satu hari, dan tidak memiliki hidung.
13.  Sapi Berkaki  Enam
Sapi ini di beri nama cham lenk, yang artinya aneh.
14.  Lele Terbalik
 
Seperti namanya, ikan dari afrika ini sering kali ditemukan berenang dalam keadaan terbalik. Di perkirakan mereka melakukan hal ini agar mereka dapat menjangkau makanan di permukaan air, seperti telur serangga. Warna tubuh mereka juga terbalik, tidak seperti kebanyakan ikan, perut mereka lebih gelap dari bagian atas tubuh mereka. Hal ini berguna untuk kamuflasi saat menghadapi pemangsa di atas.

DAFTAR PUSTAKA

Artikelryoga15.wordpress.com
Http://2.bp.blogspot.com
Amin, et all., 1993, Buku Paket Biologi, jilit 3, Penerbit Balai Pustaka, Jakarta.
Kimball, J. W., 1997, Biologi 1,2,3, Penerbit Erlangga, Jakarta


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Makasih Udah Kunjungi Blog Saya :)
"Smoga Postting ini Bermanfaat"