A.
KONSEP
YANG DIPELAJARI
1.
Latar Belakang Terbentuknya Mind Mapping
Metode Mind
Mapping diharapkan dapat membantu guru melakukan pembelajaran yang relatif
mudah dipahami oleh siswa, sehingga pembelajaran dapat berlangsung dalam
situasi yang menyenangkan dan dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa.
Karena Mind
Mapping adalah salah satu dari strategi
pembelajaran yang mengupayakan seorang peserta didik mampu menggali ide-ide kreatif dan aktif dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran. Sehingga pembelajaran yang dilakukan akan menjadi lebih hidup, variatif,
dan membiasakan siswa memecahkan permasalahan dengan cara memaksimalkan daya
pikir dan kreatifitas. Dengan demikian tujuan pembelajaran yang sudah
ditentukan dapat tercapai.
2.
Pengertian Mind Mapping
Beberapa pengertian Mind Mapping, diantaranya :
§
Mind Map adalah
cara mencatat yang kreatif, efektif, dan memetakan pikiran-pikiran kita, secara
menarik, mudah dan berdaya guna.
§
Mind Map adalah
cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran
dalam berbagai sudut.
§
Mind Map
mengembangkan cara pikir divergen, berpikir kreatif.
§
Mind Map adalah
alat berpikir organisasional yang sangat hebat. Mind Map dapat
diistilahkan sebagai “Pisau Tentara Swiss Otak.”
§
Mind Map adalah cara
termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi itu
ketika dibutuhkan.
Sehingga belajar berbasis pada konsep Peta Pikiran (Mind
Mapping) merupakan cara belajar yang menggunakan konsep pembelajaran
komprehensif Total-Mind Learning (TML). Pada konteks TML,
pembelajaran mendapatkan arti yang lebih luas. Bahwasanya, di setiap saat dan
di setiap tempat semua makhluk hidup di muka bumi belajar, karena belajar
merupakan proses alamiah. Semua makhluk belajar menyikapi berbagai stimulus
dari lingkungan sekitar untuk mempertahankan hidup.
3.
Langkah-Langkah
Penerapan Mind Mapping
1.
Mulailah dari
bagian tengah kertas kosong yang sisi panjangnya diletakkan mendatar.
Memulainya dari tengah-tengah kertas kosong seperti
halnya dengan gambar di atas, dan gambar ini di buat di tengah-tengah kertas
yang kita sebutkan dengan enam topi berpikir, karena
mulai dari tengah memberi kebebasan kepada otak untuk menyebar kesegala arah
dan untuk mengungkapkan dirinya dengan lebih bebas dan alami.
2.
Gunakan gambar
atau simbol untuk ide sentral
Membuatkan
gambar-gambar pad aide pusatnya seperti halnya dengan contoh, membuat
gambar-gambar topi pada sekeliling gambar sentral.
karena sebuah gambar bermakna
seribu kata dan membantu kita menggunakan imajinasi.Sebuah gambar sentral akan
lebih menarik membuat kita tetap terfokus, membantu kita berkonsentrasi, dan
mengaktifkan otak kita.
3. Gunakan warna
Menggunakan berbagai warna dalam menulis dan membuat
mind map ini, karena bagi otak warna sama menariknya
dengan gambar. Warna membuat Mind Map lebih hidup,menambah energy kepada
pemikiran kreatif, dan menyenangkan
4.
Hubungkan
cabang-cabang utama ke gambar pusat (ide pokok)
Cabang-cabang yang sudah dibuat dihubungakn dengan
gambar-gambar, karena
otak bekerja menurut asosiasi, otak senang mengaitkan dua (atau tiga, atau
empat ) hal sekaligus.Bila kita menghubungkan cabang-cabang ,akan lebih mudah
mengerti dan mengingat.
5. Buatlah garis melengkung, bukan lurus.
Sama halnya dengan langkah yang ke empat, membuat garis yang
melengkung bukan lurus karena garis yang lurus akan membosankan
otak, tapi sebenarnya garis yang dibuat terserah siswa.
6. Gunakan satu kata kunci untuk setiap garis
Membuat satu
kata kunci pada setiap garis, karena kata kunci
tunggal memberi banyak daya dan fleksibilitas kepada Mind Map.Setiap
kata tunggal atau gambar adalah seperti pengganda,menghasilkan sederet asosiasi
, lebih bebas dan bisa memicu ide dan pikiran baru.seperti contohnya :
7.
Gunakan gambar
Pada samping-samping
tulisan, dibuatkkan gambar-gambar kecil, terserah dalam gambar apa, karena
seperti gambar sentral setiap gambar bermakna seribu kata. Contohnya :
4. Manfaat Mind
Mapping
a.
Memberi
pandangan menyeluruh pokok masalah atau area yang luas
Dengan adanya model pebelajaran mind maping ini, siswa
akan bisa memberi pandangan yang menyeluruh tentang sustu materi karena mereka
sudah belajar dalam cara menuangkan isi pemikiran mereka sendiri dan dan
pandaapt umereka sendiri tentang suatu materi tersebut.
b.
Memungkinkan
kita merencanakan rute atau membuat pilihan-pilihan dan mengetahui ke mana kita
akan pergi dan di mana kita berada.
Karena
dalam mind map ini kita membuat sistematika atau bisa dibilang peta konsep maka
kita akan bisa merencanakan rute-rute.
c.
Mengumpulkan
sejumlah besar data di satu tempat.
d.
Mendorong
pemecahan masalah dengan membiarkan ktia melihat jalan-jalan terobosan kreatif
baru.
Karena dalam mind map ini kita mengeluarkan pendapat
atau membahasakan materi yang dipelajari dengan bahasa sndiri sehingga akan
memudahkan kita untuk menemukan pemecahan-pemecahan masalah dan juga akan
mendapatkan terobosan-terobosan baru yang kreatif.
e.
Menyenangkan
untuk dilihat, dibaca, dicerna dan diingat.
Karena bentuk catatannya yang kreatif, dan tidak hanya
dengan mencatat di buku dari awal sampai akir saja yang membosankan untuk
dilihat,sehingga tulisan ini senang untuk dilihat.
5. Kelebihan
dan Kekurangan Mind Mapping
Ø Kelebihan Mind Mapping
a.
Dapat
mengemukakan pendapat secara bebas
Mand
mipping adalah teknik belajar dengan cara membuat catatannn kreatif
sendiri-sendiri oleh masing-masing sisiwa, sehingga ia akan bisa menuangkan
idde-idenya secara bebas, atau siswa bisa mencatat materi-materi yang diberiakn
guru dengan menggunakan bahasanya sendiri.
b.
Catatan lebih berfokus kepada inti materi
Karena
dalam model pembelajaran mind mapping ini adalah cara mencatat kreatif, dan
juga dengan membuat peta-peta konsep dari materi yang diberikan sehingga siswa
akan mencatat inti-inti atau bagian-bagian yang penting saja dari materi itu.
c.
Dapat bekerja
sama dengan teman lainnya
d.
Catatan lebih
padat dan jelas
Karena
mindmapping ini mencatat hal-hal yang penting saja sehingga catatan akan lebih
jelas kelihatannya.
Ø Kekurangan Mind Mapping
a.
Hanya siswa yang
aktif yang terlibat
Karena pada mind map merupakan catatan masing-masing
siswa dan pembuatan atau penulisannya tidak dipatokkan bagaimana bentuknya oleh
guru sehingga ada sebagian siswa yang tidak membuat mind map dengan serius,
mereka akan membuatnya pada saat akan dikumpulkan saja sehingga materi yang dim
and mappingkan tidak optimal.
b.
Tidak sepenuhnya
murid yang belajar
Sama seperti point yang pertama, karena pembuatan mind
map tidak dikontrol sehingga adasebagian siswa yang enggan untuk belajar dan
membuat mind map ini.
c.
Guru akan
kewalahan memeriksa mind map siswa
Karena jumlah siswa dalam kelas lumayan banyak, maka
akan ada banyak mind map dari satu amteri yang diajarkan, sehingga guru akan
kewalahan dalam memeriksa mind map siswa.
B.
MASALAH-MASALAH
DAN PEMECAHANNYA
1.
Dilihat dari
latar belakang, diaktakan bahwa mind mapping dapat membantu guru melakuakn
pembelajaran yang relatif mudah dipahami oleh siswa sedangkan pada kelemahannya
dikatakan bahwa hanya sedikit siswa yang terlibat, yaitu yang aktif saja.
Bagaimana solusi yang dibberika oleh guru terhadap hal tersebut?
Jawaban :
Karena dalam model pembelajaran mind mapping ini, siswa membuat mind map secara bebas terserah bagaimana yang mereka inginkan
dan tanpa dikontrol bagamana pembuatannya oleh guru sehingga ada beberapa siswa yang malas
membuat mind map. Untuk mengatasi hal ini
ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seorang guru, diantaranay :
a.
Harus memeriksa
mind map siswa seperti halnya dengan membuat jurnal belajar yang mau tidak mau
harus dikumpulkan sehingga siswa akan merasa bertanggung jawab membuat mind map
ini
b.
Melakukan
evaluasi dari amteri-materi yang sudah di mind mappingkan
c.
Memberikan
penghargaan kepada siswa yang membuat mind mapping paling baik, penghargaan bisa
berupa nilai yang bagus dan juga pujian, sehingga siswa yang lain akan merasa
tergerak hatinya untuk bisa menyaingi temannya yang mendapat pemghargaan.
2.
Apa perbedaan
catatan kreatif dan catatan biasa?
Jawaban :
Catatan biasa merupakan catatan yang berupa tulisan-tulisan saja, dan
hanya mencatat sesuai dengan apa yang ada dibuku atau yang disampaikan guru,
sedangkan catatan kreatif adalah catatan yang tidak hanya berupa
tulisan-tulisan saja, bisa berupa gambar, peta konsep dan peta pikiran dan lain
sebagainya.
3.
Seperti apa
model pembelajaran mind mapping ?
Jawaban :
Mind
Map merupakan metode yang menggabungkan
kerja otak kanan dan otak kiri yang masing – masing memiliki kelebihan dan
memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda – beda untuk setiap bagian dari otak.
Dimana model pembelajaran ini adalah
memfokuskan pada siswa.
4.
Bagaiamna contoh
peranan dari mind mapping?
Jawaban :
larutan Campuran
Tersusun
dari zat terlarut Tersusun dari zat terlarut dan zat
terlarut dan zat terlarut
Partiket-partikelnya
kecil Paikelnya lebih besar
Tidak bisa dibedakan
mana yang Bisa dibedakan
mana
pelarut dan zat terlarut pelarut dan
zat terlarut
5.
Jelaskan kembali
kelemahan point ke-2 dan point ke-3!
Jawaban :
a.
Tidak sepenuhnya
murid yang belajar
Sama seperti point yang pertama, karena pembuatan mind
map tidak dikontrol sehingga adasebagian siswa yang enggan untuk belajar dan
membuat mind map ini.
b.
Guru akan
kewalahan memeriksa mind map siswa
Banyak mind map dari satu amteri yang diajarkan,
sehingga guru akan kewalahan dalam memeriksa mind map siswa..
6.
Apa kaitan
antara pengertian mind mapping dengan kelebihan point pertama?
Jawaban :
Menurut
Porter& Hernacki (2008:152-159): Mind Mapping juga dapat disebut dengan
peta pemikiran. Mind Mapping juga merupakan metode mencatat secara
menyeluruh dalam satu halaman sedangkan dalam kelebihannya diaktakan dapat mengemukakan
pendapat secara bebas, maksudnya disini adalah dalam mind mapping adalah
membuat catatan kecil dan mengungkapkan pendapat secara bebas, dimana dalam
menulis materi pelajaran siswa bebas menggunakan kata-kata atau bahasanya
sendiri sehingga akan mudah dipahami.
Sedangkan hubungannya dengan
pendapat Michael Gelb dalam Buzan (2007:179-181): Mind Mapping dapat
diartikan sistem revolusioner dalam perencanaan dan pembuatan catatan yang
telah mengubah hidup jutaan orang di seluruh dunia, maksudnya di sini adalah
kalau kita hanya akan mengandalkan apa
kata buku atau pendapat orang saja maka hidup kita tidak akan pernah maju,
sehingga dengan adanya mind mapping ini maka kita bisa memulai untuk
mengutarakan pendapat sendiri dari suatu permasalahan, sehingga kita akan bisa
maju jika kita berani mengungkapkan pendapat sendiri.
C.
ELEMEN
YANG MENARIK
Pada model pembelajaran Mind Mapping ini siswa
diberikan kebebasan oleh guru untuk membuat catatan sendiri dari materi yang
dipelajari terserah bagaimanapun bentuk catatannya yang mana catatan ini berisi
inti-inti pokok dari materi yang sudah dipelajari, sehingga siswa akan mudah
beajar dan mengerti, disamping itu juga mind map yang dibuat siswa ini, siswa
menggunakan bahasanya sendiri dan mengungkapkan pendapatnya secara bebas dari
materi yang dipelajari tersebut.
7.
REFLEKSI
DIRI
Banyak pengetahuan yang
saya peroleh dari pertemuan hari ini. Saya memahami bahwa Pembelajaran Mind Mapping ini adalah model pembelajaran yang berfokus
pada siswa, dengan cara siswa memuat mind map atau catatan yang kreatif tentang
materi yang sudah dipelajari dan memudahkan siswa untuk blajar karena ia
mencatat dengan menggunakan bahasanya sendiri.
Selain itu saya memahami bahwa Pembelajaran Mind
Mappping ini dapat membantu
siswa mengembangkan kemampuan berpikir dan berpendapat.
Kita sebagai calon pendidik maupun
sebagai pendidik perlu kiranya untuk menerapkan pendekatan pembelajaran mimd mapping ini, akan tetapi kita harus bisa
menempatkan dimana kita menggunakan metode mind mapping , karena tidak semua
mat karena dapat mengembangkan kemampuan berfikir dan berpendapat siswa, dan eri bisa dimad mappingkan. Materi yang bisa
dimad mappingkan adlah materi yang mempunyai urutan-urutan seperti halnya
dengan tata nama senyawa, sedangkan maateri yang sifatnya hitungan dan tidak mempunyai urutan,
tidak bisa dimad mappingkan,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Makasih Udah Kunjungi Blog Saya :)
"Smoga Postting ini Bermanfaat"