Sabtu, 16 Juni 2012

Rumah Anti Bencana

Penulis : Team Andriewongso.com
Kamis, 30 Oktober 2008, Dibaca : 1878 kali | Dicetak : 160 kali
Saat ini, kondisi alam makin sulit diprediksi. Banjir, gempa bumi, bahkan tsunami makin sulit diprediksi kedatangannya. Karena itu, jika bencana itu terjadi, korbannya pun kadang tak berbilang. Banyak korban yang terjebak di dalam rumah yang tak bisa apa-apa kecuali pasrah, hingga akhirnya jadi korban dalam rumah.

Karena itulah, beberapa inovasi rumah model masa kita dilakukan. Salah satunya, terlihat pada sebuah rumah canggih yang bisa "berjalan-jalan" ini. Sebuah karya para desainer teknologi dari perusahaan N55 yang berbasis di Denmark ini cukup menarik. Mereka merilis sebuah rumah yang bisa berjalan sendiri enam kaki hidrolik. Tujuan utamanya, ya itu tadi, yakni agar rumah bisa segera "lari" kala ada terjangan banjir atau musibah lainnya.

Rumah unik setinggi 10 kaki itu dilengkapi dengan solar sell untuk memberinya daya listrik. Selain itu, rumah itu juga diperkuat dengan energi yang digerakkan oleh angin. Rumah itu juga sudah dibuat dengan perlengkapan layaknya rumah biasa, seperti ada dapur dan toilet. Menurut para pembuatnya, rumah itu bisa berjalan melewati berbagai medan dan akan mampu berpindah sendiri jika ada musibah banjir ataupun jika pemiliknya memang ingin pindah tempat.

Dengan kemampuan itu, rumah tersebut diharapkan bisa jadi solusi masa depan untuk daerah-daerah yang rawan bencana. Karena itu, rumah yang masih dalam bentuk prototipe itu pun terus dikembangkan. digadang-gadang bisa menjadi solusi tempat tinggal manusia masa depan. Tertarik? Konon, untuk satu rumah para pembuatnya membutuhkan dana sekitar 30 ribu poundsterling. Hmm.. mahal juga ya?

★★★ SHIN YONG MI ★★★

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih Udah Kunjungi Blog Saya :)
"Smoga Postting ini Bermanfaat"