Rabu, 01 Agustus 2012

RPP Korosi SMA Kelas XII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 2)

Nama Sekolah        : SMAN 1 SAPE
Mata Pelajaran        : Kimia.
Kelas/Semester       : XII/I (Ganjil).
Tema                       : Korosi.
Alokasi Waktu       : 2 x 45 Menit (2 Jam Pelajaran).
A.  Standar Kompetensi :
2.    Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.
B.  Kompetensi Dasar :
2.2. Menjelaskan reaksi oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis.
C.  Indikator :
1.    Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi melalui percobaan
2.    Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah  terjadinya korosi.
D.  Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran ini, diharapkan Siswa dapat :
1.    Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi melalui percobaan
2.    Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah  terjadinya korosi.
E.  Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran :
Pendekatan : Konstruktivistik
Model         : Kooperatif Tipe INKUIRI.
Metode       : Ceramah, Diskusi, Penugasan.


F.   Sumber Belajar :
Ø Buku Kimia SMA Kelas XII
Ø Lembar kerja siswa (LKS)
Ø Multimedia.
G. Materi Pembelajaran :
Ø Pengertian Korosi
Ø Faktor-faktor yang Menyebabkan Korosi Besi
Ø Cara-cara Pencegahan Korosi Besi.
H.  Langkah-Langkah Pembelajaran :
1.    Kegiatan Awal (10 Menit)
a.    Membuka pelajaran dengan Salam
b.    Memeriksa kehadiran siswa
c.    Guru menjelaskan judul dan tujuan pembelajaran
d.   Guru bertanya tentang apa yang dimaksud dengan korosi, dan faktor-faktor penyebab korosi.
e.    Guru memberikan pertanyaan tentang peristiwa korosi dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Kegiatan Inti (75 Menit)
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Guru menjelaskan tentang korosi dan faktor-faktor yang menyebabkan korosi.
15 Menit
2
Guru menjelaskan beberapa cara untuk mencegah terjadinya korosi.
15 Menit
3
Siswa menyimak penjelasan guru:
a.    Menginstruksikan kepada siswa untuk kembali kekelompok pada pertemuan sebelumnya
b.    Guru menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dan menyusun prosedur kerja yang tepat
c.    Guru memberikan arahan pada siswa
d.   Siswa melakukan praktikum
e.    Selama siswa bekerja atau melakukan percobaan, guru membimbing dan memfasilitasi
f.     Guru mengontrol siswa yang sedang melakukan praktikum dengan mendatangi meja-meja siswa
g.    Siswa diharapkan mencari tau permasalahan yang ada
h.    Siswa diharapkan dapat membahas dan menyimpulkan hasil yang diperoleh pada percobaan.
45 Menit
3.    Penutup (5 Menit)
a.    Guru menugaskan siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari selanjutnya
b.    Guru mengingatkan siswa untuk mengumpulkan hasil percobaan pada pertemuan berikutnya
c.    Salam penutup.
I.     Penilaian
1.    Penilaian Psikomotor
2.    Penilaian Afektif
3.    Penilaian Kognitif
4.    Penilaian Praktikum.



Mengetahui,                                                             Mataram,    Juli 2012.


Kepala Sekolah,                                                       Guru Mata Pelajaran Kimia

…………………….........                                                   =MIRFAN=
NIP.                                                                                  NIP.10.231.100.

Sintaks- Sintaks Model Pembelajaran INKUIRI

Sintaks Model Pembelajaran Inkuiri (Penemuan):
1.    Fase 1, Observasi untuk menemukan masalah. Guru menyajikan kejadian-kejadian atau fenomena yang memungkinkan siswa menemukan masalah.
2.    Fase 2, Merumuskan masalah. Guru membimbing siswa merumuskan masalah penelitian berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikannya.
3.    Fase 3, Mengajukan hipotesis. Guru membimbing siswa untuk mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskannya
4.    Fase 4, Merencanakan pemecahan masalah (melalui eksperimen atau cara lain). Guru membimbing siswa untuk merencanakan pemecahan masalh, membantu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dan menyusun prosedur kerja yang tepat
5.    Fase 5, Melaksanakan eksperimen (atau cara pemecahan masalh yang lain). Selama siswa bekerja, guru membimbing dan memfasilitasi.
6.    Fase 6, Melakukan pengamatan dan pengumpulan data. Guru membantu siswa melakukan pengamatan tentang hal-hal yang penting dan membantu mengumpilkan dan mengorganisasi data.
7.    Fase 7, Analisis data. Guru membantu siswa menganalisis data supaya menemukan suatu konsep.
8.    Fase 8, Penarikan kesimpulan dan penemuan. Guru membimbing siswa mengambil kesimpulan berdasarkan data dan menemukan sendiri konsep yang ingin ditanamkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Makasih Udah Kunjungi Blog Saya :)
"Smoga Postting ini Bermanfaat"