RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
2)
Nama
Sekolah : SMAN 1 SAPE
Mata
Pelajaran : Kimia.
Kelas/Semester : XII/I (Ganjil).
Tema : Korosi.
Alokasi
Waktu : 2 x 45 Menit (2 Jam
Pelajaran).
A.
Standar Kompetensi :
2. Menerapkan
konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan
sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
:
2.2. Menjelaskan reaksi
oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis.
C. Indikator
:
1.
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi melalui percobaan
2.
Menjelaskan beberapa
cara untuk mencegah terjadinya korosi.
D. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah
pembelajaran ini, diharapkan Siswa dapat :
1.
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi melalui percobaan
2.
Menjelaskan beberapa
cara untuk mencegah terjadinya korosi.
E. Pendekatan, Model, dan Metode
Pembelajaran :
Pendekatan : Konstruktivistik
Model
: Kooperatif Tipe INKUIRI.
Metode :
Ceramah, Diskusi, Penugasan.
F.
Sumber
Belajar :
Ø Buku
Kimia SMA Kelas XII
Ø Lembar
kerja siswa (LKS)
Ø Multimedia.
G. Materi Pembelajaran :
Ø Pengertian
Korosi
Ø Faktor-faktor
yang Menyebabkan Korosi Besi
Ø Cara-cara
Pencegahan Korosi Besi.
H. Langkah-Langkah
Pembelajaran :
1.
Kegiatan Awal (10 Menit)
a. Membuka pelajaran dengan Salam
b. Memeriksa
kehadiran siswa
c. Guru menjelaskan judul dan tujuan
pembelajaran
d. Guru
bertanya tentang apa yang dimaksud dengan korosi, dan faktor-faktor penyebab
korosi.
e. Guru memberikan
pertanyaan tentang peristiwa korosi dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Kegiatan Inti (75 Menit)
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
1
|
Guru menjelaskan tentang korosi
dan faktor-faktor yang menyebabkan korosi.
|
15 Menit
|
2
|
Guru
menjelaskan beberapa cara untuk mencegah terjadinya korosi.
|
15 Menit
|
3
|
Siswa menyimak penjelasan guru:
a. Menginstruksikan kepada siswa untuk kembali
kekelompok pada pertemuan sebelumnya
b. Guru
menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dan menyusun prosedur kerja yang
tepat
c. Guru memberikan arahan pada siswa
d. Siswa melakukan praktikum
e. Selama
siswa bekerja atau melakukan percobaan, guru membimbing dan memfasilitasi
f. Guru mengontrol siswa yang sedang melakukan
praktikum dengan mendatangi meja-meja siswa
g. Siswa diharapkan mencari tau permasalahan yang ada
h. Siswa diharapkan dapat membahas dan menyimpulkan
hasil yang diperoleh pada percobaan.
|
45 Menit
|
3.
Penutup (5 Menit)
a. Guru menugaskan
siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari selanjutnya
b. Guru
mengingatkan siswa untuk mengumpulkan hasil percobaan pada pertemuan berikutnya
c. Salam penutup.
I.
Penilaian
1. Penilaian Psikomotor
2. Penilaian Afektif
3. Penilaian
Kognitif
4. Penilaian
Praktikum.
Mengetahui,
Mataram, Juli 2012.
Kepala Sekolah,
Guru Mata Pelajaran Kimia
…………………….........
=MIRFAN=
NIP.
NIP.10.231.100.
Sintaks-
Sintaks Model Pembelajaran INKUIRI
Sintaks Model Pembelajaran Inkuiri
(Penemuan):
1. Fase
1, Observasi untuk menemukan masalah. Guru menyajikan kejadian-kejadian atau
fenomena yang memungkinkan siswa menemukan masalah.
2. Fase
2, Merumuskan masalah. Guru membimbing siswa merumuskan masalah penelitian
berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikannya.
3. Fase
3, Mengajukan hipotesis. Guru membimbing siswa untuk mengajukan hipotesis
terhadap masalah yang telah dirumuskannya
4. Fase
4, Merencanakan pemecahan masalah (melalui eksperimen atau cara lain). Guru
membimbing siswa untuk merencanakan pemecahan masalh, membantu menyiapkan alat
dan bahan yang diperlukan dan menyusun prosedur kerja yang tepat
5. Fase
5, Melaksanakan eksperimen (atau cara pemecahan masalh yang lain). Selama siswa
bekerja, guru membimbing dan memfasilitasi.
6. Fase
6, Melakukan pengamatan dan pengumpulan data. Guru membantu siswa melakukan
pengamatan tentang hal-hal yang penting dan membantu mengumpilkan dan mengorganisasi
data.
7. Fase
7, Analisis data. Guru membantu siswa menganalisis data supaya menemukan suatu
konsep.
8. Fase
8, Penarikan kesimpulan dan penemuan. Guru membimbing siswa mengambil
kesimpulan berdasarkan data dan menemukan sendiri konsep yang ingin ditanamkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Makasih Udah Kunjungi Blog Saya :)
"Smoga Postting ini Bermanfaat"